Choong Hann Dukung Keputusan BAM Undang Pemain Profesional ke Tim Nasional

Kepala pelatih BAM, Wong Choong Hann, menganggap keputusan badan nasional untuk mengundang para pemain profesional dalam sesi pelatihan bersama dengan para pemain tim nasional sebagai situasi yang saling menguntungkan.

Choong Hann percaya bahwa sesi-sesi itu akan bermanfaat bagi para pemain nasional dan profesional dalam jangka panjang. Mantan pemain internasional ini telah mengalami masa kejayaannya, dari menjadi pemain nasional hingga pemain profesional.

Dia mengundurkan diri dari BAM setelah Olimpiade Beijing 2008 dan menjadi profesional sebelum pensiun beberapa tahun kemudian.

Sebagai pemain profesional, Choong Hann diundang oleh BAM untuk bergabung dengan tim nasional di Piala Thomas 2010 di Kuala Lumpur. Dia berlatih dengan tim nasional kemudian selama sebulan untuk Piala Thomas, di mana Malaysia mencapai babak semifinal.

Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria mengumumkan pada Kamis (7/5) bahwa para pemain profesional yang mungkin bermain di Piala Thomas tahun ini dan Olimpiade Tokyo tahun depan, akan diundang untuk berlatih bersama dengan pemain tim nasional.

Di antara pemain profesional yang kemungkinan akan diundang adalah Daren Liew (tunggal putra), Teo Ee Yi/Ong Yew Sin (ganda putra) dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (ganda campuran).

BAM percaya bahwa sesi bersama akan menawarkan keseimbangan bagi tim ketika mereka bermain di Piala Thomas, yang dijadwalkan pada 3-11 Oktober di Denmark.

“Saya pernah menjadi pemain profesional dalam karier saya. Dan selama periode itu, saya telah menerima undangan untuk berlatih bersama tim nasional,” kata Choong Hann.

“Saya pikir ini akan menjadi situasi yang saling menguntungkan jika keduanya memiliki sesi latihan bersama. Karena sumber daya yang terbatas, kami hanya akan mengundang pemain profesional terpilih,” ungkapnya.

“Pemilihan akan didasarkan pada kualitas dan pengalaman. Meskipun kami sudah memiliki beberapa nama, kami belum menyelesaikan daftar. Tujuan utama kami adalah menurunkan para pemain terbaik untuk Piala Thomas,” tambah Choong Hann.

Sementara itu, Ee Yi/Yew Sin mengatakan mereka pasti akan bergabung dengan sesi pelatihan bersama jika diundang.

Mereka diberi kesempatan untuk bersiap dengan para pemain tim nasional pada bulan Februari lalu untuk Kejuaraan Beregu Asia di Manila.

Ee Yi/Yew Sin memainkan peran penting sebagai pasangan kedua di belakang Aaron Chia/Soh Wooi Yik saat Malaysia meraih runner-up di Manila.

BAM juga dapat mempertimbangkan peraih medali perak Olimpiade Rio 2016, Goh V Shem/Tan Wee Kiong untuk sesi bersama. V Shem/Wee Kiong tidak dibawa untuk Kejuaraan Beregu Asia 2020 lalu.

“Kami akan bergabung dengan sesi pelatihan dengan para pemain tim nasional jika diundang,” kata Ee Yi.

“Ini akan menguntungkan karena kami juga membutuhkan sparing berkualitas.”

“Kami belum berlatih sejak Maret karena Perintah Kontrol Gerakan (Lockdown) dan sesi-sesi ini akan membantu kami mendapatkan kembali performa kami,” jelas juara Thailand Masters 2020 itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *